Selasa, 01 November 2016

Pengantar Sistem Informasi Psikologi


Nama : Berliana Maria K.S
Kelas : 4PA13
NPM : 11513708
Tugas : Sistem Informasi Psikologi


1. Pengertian Sistem Informasi

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan,berkumpul bersama-sama untuk melakukan kegiatan atau untuk melakukan sasaran yang tertentu.
Menurut Gordon B. Davis (dalam hutahaean J, 2014 ) Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang akan datang.
Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang di butuhkan.(Hutahaean, 2014)

Komponen Sistem Informasi

Perangkat keras (hardware)
Perangkat lunak (software) atau program
Prosedur
manusia
Basis data (database)
Jaringan komputer dan komunikasi data


2. Pengertian Sistem Informasi Psikologi

menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.
Sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Dapat dijadikan untuk meningkatkan penguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan.

Contoh Sistem Informasi Psikologi
Dengan menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien, serta tidak membuang tenaga para penyeleksinya juga.
Konseling online : anak-anak, remaja, wanita dll
Tes IQ
Tes Kepribadian :  Tes Rorschach atau bercak tinta adalah salah satu sarana proyeksi yang dapat digunakan untuk mengungkap kepribadian. (http://theinkblot.com)


Sumber :

Konsep Sistem Informasi /oleh Jeperson Hutahaean – Ed.1, Cet.1-
Yogyakarta: Deepublish, Agustus-2014.
Kurniawati, Ana. Sistem informasi psikologi. www.ana.staff.gunadarma.ac.id.

Muhibbinsyah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar