Jumat, 18 April 2014

TUGAS 7 MATEMATIKA & IAD energi apa yang paling berperan / yang paling sering digunakan selama ini oleh manusia

Energi yang Berperan dalam Kehidupan Manusia

Energi yang sering kita gunakan adalah energi listrik. Cara menggunakan listrik sangatlah mudah, cukup dihubungkan dengan sumber listrik yaitu stop kontak. Listrik digunakan untuk menhidupkan radio, televisi, lampu, setrika, mesin pompa air, dan lain-lain. Sumber energi yang juga digunakan adalah baterai karena baterai mudah dibawa ke segala tempat.
Energi listrik adalah energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik/energi yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan amper (A)dan tegangan listrik dengan satuan volt (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik dengan satuan Watt (W)untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan ataupun untuk menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain.
Sumber energi lainnya yang digunakan adalah minyak tanah, gas, bensin, dan solar. Minyak tanah digunakan pada lampu sumbu dan kompor minyak tanah. Sumber energi yang paling banyak digunakan di gunakan di jalan adalah bensin dan solar. Bensin dan solar mudah terbakar dan menghasilkan panas tinggi..
Dan Selain itu energi panas matahari juga berperan penting dalam menjaga kehidupan di bumi ini. Tanpa adanya energi panas dari matahari maka kehidupan diseluruh muka bumi ini pasti akan musnah karena permukaan bumi akan sangat dingin dan tidak ada makhluk yang sanggup hidup di bumi.
Ada beberapa pemanfaatan energi panas matahari yaitu :

1.     Pemanasan ruangan 
2.    Penerangan ruangan
3.    Kompor matahari
4.    Pengeringan hasil pertanian
5.    Distilasi air kotor
6.    Pemanasan air
7.    Pembangkit listrik.


Setiap hari kita sering menggunakan energy. Energy dihasilkan oleh sumber energy. Ada sumber energy yang jumlahnya melimpah, ada sumber energy yang jumlanya terbatas. Kita harus melakukan penghematan energy. Penghematan energy dilakukan agar sumber energy tidak cepat habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar